Dasar Perawatan Mekanisme Kopling
a). Kopling
Kopling sepeda motor terdiri dari beberapa komponen, yang merupakan
satu kesatuan untuk mendukung fungsi kopling.
(1). Fungsi
Dapat meneruskan putaran poros engkol ke transmisi (verseneling).
Dapat melepaskan / memutuskan hubungan / putaran antara poros engkol
dengan transmisi.
Dapat meneruskan putaran poros engkol ke transmisi secera berangsur
angsur dan merata tanpa hentakan.
(2). Jenis kopling
(a). Kopling manual
Kopling manual terdiri atas beberapa bagian antara lain :
Clutch Outer (rumah kopling) berputar mengikuti putaran poros engkol.
Friction Plates (kampas kopling/pelat gesek) berputar mengikuti rumah
kopling. Pelat gesek umumnya lebih banyak satu buah dari jumlah pelat
baja (steel plate).
Clutch Center (bagian tengah kopling) berputar mengikuti main shaft
(poros utama)
Clutch Plate (pelat kopling) berputar mengikuti clutch center
Spring (pegas), untuk menekan pelat gesek (friction plate) dan pelat baja
(steel plate) agar menjadi satu kesatuan dan berputar bersama sama
Steel plates (pelat baja), komponen ini berada di antara pelat pelat gesek
dan akan berputar (bekerja) bersama dengan pusat kopling (clutch cen-tre),
pada sisi dalam pelat baja terdapat alur alur yang akan mengait dengan
spie-spie pusat kopling
Nama-nama bagian kopling manual model motor bebek.
(b). Kopling manual model sport (kopling tangan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar